Senin, 08 April 2013

Sasaeng dalam Budaya K-pop: Idol Melawan (4)-




Kelakuan sasaeng pada akhirnya menimbulkan kemarahan di hati para idola. Aksi ekstrem sasaeng tak jarang membuat mereka emosi dan mengungkapkan semua kemarahannya, baik itu diakun jejaring sosial, berteriak, atau membuat sebuah konferensi pers. Chingu, berikut kita akan kilas balik lagi beberapa respons perlawanan dari para idola menghadapi kelakuan sasaengnya.

1. Jang Geun Suk

Usai menggelar konser di Shanghai pada 11 Agustus 2012, Jang Geun Suk mengungkapkan rasa frustasinya terhadap sasaeng yang menguntit perjalanannya di Cina. "Aku beri tahu kalian semua, jangan mengemudi mobil melebihi kecepatan normal di tengah jalan. Petugas kepolisian terus memintaku segera pergi dengan alasan keamanan. Mari kita permudah, jika aku memang tak diizinkan lagi tampil di sini (Cina), aku tak akan datang lagi," ujarnya. Geun Suk bahkan sampai melaporkan sasaengnya ke Badan Investigasi Cina.

2. Heechul 'Super Junior'

Personel Super Junior yang satu ini sudah habis kesabarannya menghadapi sasaeng. Pada 9 Juli 2012, Heechul menutup akun Twitter-nya. Padahal, trauma idola yang satu ini belum hilang karena pada 2011 dia pernah kecelakaan mobil karena diikuti sasaengnya menggunakan Sae-Tax, taksi khusus sasaeng.

Sebelum menutup akun Twitter-nya, Heechul menuliskan pesan terakhir. "Tolong jangan ikuti aku ke rumah atau ke kantor. Aku masih merasakan efek usai kecelakaan dan aku takut mempertaruhkan hidupku untuk menyetir. Walau kalian kecewa padaku, aku tetap bersyukur dan berterima kasih atas cinta kalian. Aku tak bisa melakukan ini lagi karena hidupku lebih penting," tulisnya.

Secara khusus, Heechul juga menuliskan pesan untuk supir Sae-Tax. "Untuk kalian, para supir taksi. Tolong jangan membawa fans asing yang tak kalian kenal. Membawa anak-anak muda dengan tersenyum itu membuat kalian tampak seperti pembunuh. Kuharap tak ada korban lagi. Aku akan menutup Twitter-ku selama setahun. Sampai jumpa tahun depan. Terima kasih sudah merayakan ulang tahunku," tulisnya.

3. G Dragon 'BigBang'

Pimpinan grup BigBang, G Dragon, pernah mengusir sasaeng yang berkumpul di depan pintu rumah keluarganya. Sebagian besar mereka bersembunyi seperti seorang pencuri dan menunggu 24 jam di sekitar rumahnya.

G Dragon kesal sebab perilaku sasaengnya itu meresahkan ibu dan kakak perempuannya. Pada 1 Maret 2013, G Dragon memarahi sasaeng melalui akun Twitter-nya. "Akhir-akhir ini, anak kecil pun muncul ke rumahku, bahkan sampai pintu depan rumahku. Aku mengerti, tapi ini semua sudah sangat keterlaluan. Ibu dan kakakku begitu terkejut ketika mereka pulang malam hari. Jangan bersembunyi. Mohon kalian jangan datang ke rumahku lagi," tulisnya.

4. Jaejoong 'JYJ'

Pada 30 Juli 2011, Kim Jaejoong, salah satu vokalis JYJ, menumpahkan curahan hatinya diakun Twitter miliknya. Dia juga kesal dengan ulah sasaeng yang sudah menguntitnya lebih dari tujuh tahun terakhir.

"Sasaeng yang menggunakan taksi jumlahnya kian banyak. Para supir yang tak mempunyai hati nurani pun jumlahnya terus meningkat. Tidakkah ini keterlaluan? Bisakah seorang bintang bertahan dengan hal ini? Selama tujuh tahun terakhir mereka (sasaeng) di sana, ketika aku makan, bekerja, istirahat, bahkan sampai aku kembali ke rumah. Apakah bersembunyi dan memperhatikan orang lain adalah gaya hidup normal? Ini adalah kriminal. Berhentilah! Biarkan aku berkonsentrasi pada pekerjaanku dan tidur dengan nyenyak," tulisnya.

5. Yoseob 'Beast'

Asrama Beast penuh dengan vandalisme atau coretan-coretan yang ditulis oleh sasaeng. Mereka bahkan nekat memasuki asrama grup yang populer dengan lagu 'Fiction' dan 'Beautiful Night' ini. Prihatin dengan asrama mereka yang kotor, Yoseob mengambil tindakan membersihkan sendiri coretan-coretan di dinding dan pintu asramanya hingga ke dalam. Pada 26 Februari 2011, manajemen Beast mengunggah foto Yoseob yang sedang membersihkan coretan di pintu kamarnya. "Mohon, jangan membuat Yoseob kami menderita," tulisnya.

Credit Full Artikel_REPUBLIKA.CO.ID [Oleh Mutia Ramadhani. Redaktur : Fernan Rahadi. Reporter : Mutia Ramadhani] /http://www.republika.co.id/berita/senggang/asia-pop/13/03/31/mkih5v-sasaeng-dalam-budaya-kpop-idol-melawan-4
re-share@KBPKfamily

Tidak ada komentar: