Selasa, 12 Juni 2012

my beatiful girl, mari (마리 이야기)


Category: Movies
Genre: Animation
sutradara: lee sung-gang
tahun produksi: 2002

my beautiful girl mari kerap disebut sebagai salah satu landmark bagi perkembangan animasi korea, terutama dari tema yang diangkat yang begitu kental dengan kultur korea serta gaya visualnya yang dikatakan khas dan berbeda dari pengaruh animasi disney dan anime jepang. apalagi animasi ini juga berhasil memperoleh penghargaan pemenang grandprix pada festival film annecy (yang merupakan ajang paling prestisius bagi insan animasi dunia) pada tahun 2002.

kisah dalam my beautiful girl mari berputar pada sosok nam-woo, seorang remaja yang tumbuh di sebuah kota nelayan di pesisir pantai korea. di buka dengan adegan saat nam-woo yang telah dewasa berjumpa dengan jun-hoo, teman masa kecilnya yang akan pindah ke luar negeri, cerita kemudian berpindah ke masa lalu saat nam-woo membuka kado perpisahan dari jum-hoo. saat itu, nam-woo adalah sosok yang pendiam dan kerap menyendiri dengan bermain dengan kucingnya di area pantai atau di dalam sebuah mercu suar yang telah ditinggalkan yang berada tidak jauh dari rumahnya. dalam kesendiriannya itu, nam-woo sebenarnya melakukan protes terhadap beragam hal yang mengganggu pikirannya. ia berjuang keras mengatasi beragam hal yang seolah tidak berpihak kepada dirinya. sahabat dekatnya jun-hoo akan pindah ke seoul. setelah kehilangan ayahnya dalam sebuah kecelakaan di laut, kini ibunya mulai dekat dengan seorang nelayan yang juga teman mendiang ayahnya. neneknya yang tinggal bersama juga kerap sakit-sakitan. kondisi-kondisi ini kemudian menjadikan nam-woo menjadi sosok anak yang sulit, tidak mau berkomunikasi bahkan kadang berlaku tidak sopan pada ibunya sendiri.

usaha pelarian nam-woo dari kondisi yang memberatkan ini mempertemukannya dengan sosok gadis bisu bernama mari di sebuah alam fantasi. tampaknya mercu suar yang telah tidak terpakai tadi menjadi semacam gerbang penghubung antara dunia nam-woo yang nyata dengan sebuah alam fantasi. nam-woo yang merasakan ketenangan di alam fantasi tersebut kemudian kerap berkunjung ke sana, bahkan juga pernah sambil membawa jun-hoo. alam tadi beserta mari kemudian menjadi rahasia mereka berdua.

pelarian nam-woo untuk mencari ketenangan di alam fantasi ini kemudian berakhir saat sebuah tragedi nyaris merengut nyawa ayah jun-hoo serta nelayan yang dekat dengan ibunya yang terjebak badai besar. melalui satu permohonan nam-woo, dunia nyata dan alam fantasi nam-woo kemudian seakan menyatu, membuat badai berhenti, sekaligus memberikan penyadaran bahwa sebenarnya alam fantasi yang dipakai nam-woo melarikan diri dan mencari ketenangan adalah sama dengan alam nyata. dengan kesadaran bahwa ia harus bisa menghadapi dunia nyata, maka alam fantasi nam-woo pun menghilang, ditandai dengan mari yang kemudian perlahan-lahan menghilang.

sebagai sebuah film yang kental dengan tema retrospeksi pribadi, my beatiful girl mari juga sarat dengan permainan simbol dan filosofi. adegan pembuka yang memperlihatkan seekor camar yang terbang sendirian melintasi landscape kota (diduga kota seoul) dengan latarbelakang nuansa kelabu dan hujan salju seakan memperkuat tema kesendirian tadi. terutama keanehan saat seekor burung camar yang nota bene adalah burung laut bisa berada di kota seoul yang bukan merupakan kota pantai.

alur kisahnya sendiri berjalan lambat dengan pergantian adegan yang menekankan pada perasan turut berada di sana (the feeling of being there). dan hal yang segera membuat my beautiful girl mari tampak unik adalah tampilan visualnya. animasi ini mengambil pendekatan realistik, dengan visual yang mengingatkan pada gambar-gambar yang dibuat dengan teknik vektor (bermain dengan bidang-bidang berwarna rata/flat dan tanpa outline). kekhasan visual inilah yang mungkin menjadikannya sebagai salah satu kebanggaan animasi korea, terutama karena tampilannya yang jauh berbeda dari animasi disney atau anime jepang tadi.

Tidak ada komentar: