Rabu, 11 Juli 2012

Berkat K-Pop, Pariwisata Korea Terdongkrak

Berkat K-Pop, Pariwisata Korea Terdongkrak


K-Pop dan K-Drama tak pelak membawa keuntungan bagi negara asalnya, Korea Selatan. Keuntungan ini terutama dirasakan oleh bidang pariwisata.
“Kebanyakan wisatawan asing yang masuk ke Korea saat ini memang anak muda, yang mengidolakan bintang drama atau bintang pop Korea,” tutur tutur Dewi dari Prime Tour, salah satu agen wisata yang menawarkan berbagai paket perjalanan ke Korea. Karena itu, kebanyakan agen pariwisata juga menawarkan produk yang berkaitan dengan konser atau pertunjukan bintang pop Korea untuk menarik wisatawan,” lanjutnya.
Dia menjelaskan mengenai paket wisata Korean Wave, yaitu paket wisata untuk menonton konser besar bintang Korea seperti Super Junior (Suju). Paket ini sudah termasuk tiket konser dengan tempat duduk terdepan serta perjalanan keliling kota dengan pemandu wisata. Paket wisata Korean Wave dihargai USD60 (Rp547 ribu) per orang.
“Paket wisata ini sangat laku di kalangan anak muda. Yang memesan sebagian besar remaja perempuan berusia belasan sampai wanita usia 30-an,” jelas Dewi.
Paket-paket wisata ke Korea ini merupakan hasil kerjasama antara Korea Tourism Organization, agen wisata, dan KBS World, stasiun televisi Korea yang menayangkan drama-drama yang menjadi tren di Asia.
Apabila remaja dan dewasa muda menggemari paket wisata K-Pop dan K-Drama, bukan berarti Korea tidak digemari oleh kalangan wisata di luar itu. “Kalau untuk keluarga, biasanya mereka datang saat musim dingin untuk bermain ski di resor-resor ski yang tersedia,” ungkapnya. Tak heran, resor ski Korea selalu ramai dipenuhi wisatawan keluarga beserta anak-anaknya yang ingin menikmati salju di negara ini.
Melihat dari jenis wisata dan harga yang ditawarkan, Korea nampaknya memang masih tergolong wisata mahal. “Target kunjungan Korea hingga saat ini memang masih wisatawan kelas menengah ke atas dan wisatawan kelas atas. Namun, bukan berarti wisatawan backpacker tidak bisa berwisata ke Korea,” tukas Dewi.
Dia mencontohkan, Ibu Kota Korea, Seoul, sudah mulai memiliki banyak hostel backpacker, penginapan murah, serta wisata budaya yang menjadi alternatifnya.

Source : okezone.com

Posting Komentar