Minggu, 19 Mei 2013

Belajar 10 Bahasa Gaul Korea Paling Keren dan Unik!




Terkenalnya industri entertainment Korea Selatan yang kerap kali disebut dengan nama Hallyu membuat makin tingginya orang penasaran atas kebudayaan negeri dengan ibukota Seoul itu.
Tak hanya musik, drama, fashion, dan rekreasi saja yang membuat para penggemar Hallyu begitu ingin ke Korea Selatan, namun salah satu yang menarik perhatian mereka adalah tata bahasa Korea Selatan.

Penasaran seperti apa kata-kata slang unik yang digunakan anak muda di Korea Selatan? berikut 10 di antaranya yang dianggap paling unik!

1. Ggool Buck Gee = Paha 'Manis'

Kata Ggool Buck Gee (꿀벅지) pertama kali dipopulerkan oleh member girlband After School yakni UEE. UEE menyebutkan kata itu ketika melihat seorang perempuan yang cantik namun ber-paha besar. Tapi sebetulnya penggunaan kata itu masih diperdebatkan. Kini orang-orang menyebutkan Ggool Buck Gee sebagai gadis cantik dengan paha yang 'manis' seperti madu.

Contoh: Wow gadis itu memiliki Ggol Buck Gee!!!

2. Mome Jjang = Berbadan Keren

Kata Mome Jjang (몸짱) sangatlah unik. Kata ini digunakan untuk menjelaskan seorang pria atau wanita yang memiliki bentuk tubuh keren. Untuk pria sudah pasti karena tubuhnya yang berotot, sementara untuk wanita adalah mereka yang berbadan langsing namun tetap sehat.

Contoh: Kwon Sang Woo itu Mome Jjang!

3. Bba Soon Eee = Fans Gila

Kata Bba Soon Eee (빠순이) digunakan sebagai istilah fans yang sangat gila terhadap idola mereka. Huruf Bba/Ppa (빠) diambil dari kata oppa (오빠) = pria yang lebih tua dan seringkali menjadi istilah untuk fans yang rela melakukan hal-hal ekstrem untuk memperlihatkan cinta mereka terhadap sang idola seperti menulis surat dengan darah dan melakukan demo protes secara cara bahaya.

Contoh: Para Bba Soon Eee itu harus berhenti untuk mengganggu JYJ!

4. Ganji = Mengagumkan

Kata Ganji (간지) berasal dari kata bahasa Jepang yang diterjemahkan bebas sebagai 'mendapatkan sebuah perasaan'. Ganji bisa berarti sesuatu yang menakjubkan. Bahkan Ganji juga bisa ditambahkan di kata lain dalam sebuah kalimat sehingga berarti sangat menakjubkan.

Contoh: G-Dragon sangatlah Ganji.

5. Mwongmi = WTF (What The F**k)

Kata Mwongmi ( 뭥미) sebetulnya merupakan kesalahan penulisan dari kata 뭐임 yang pada dasarnya berarti WTF (What the f*ck)

Contoh: Apa yang dia ucapkan sangatlah aneh, Mwongmi.

6. Hwaiting = Semangat

Kata Hwaiting (화이팅) sama seperti kata Fighting dalam bahasa Inggris yang berarti ayo lakukan, hore, YEAH! Lakukan yang terbaik, dan semoga beruntung. Dipakai sebagai kata pemberi semangat yang merupakan saduran dari kata bahasa Inggris dan seringkali kamu dengar dalam drama-drama Korea ketika satu tokoh memberi semangat ke tokoh lain sambil mengepalkan tangannya. Kata ini salah satu kata Korea yang populer di kalangan fans Hallyu.

Contoh: Mari bekerja keras hari ini, Hwaiting!

7. Daebak = Wow Keren

Kata Daebak (대박) telah jauh lama digunakan sebelum lagu bergenre trot milik member boyband Big Bang, Daesung yang berjudul Daebak. Kini kata daebak seringkali dipakai untuk menjelaskan sesuatu yang keren dan sering ditambahi kata Wow.

Contoh: Daebak! Gerakan dance yang dia lakukan sangat keren!!

8. Aegyo = Bersikap Imut

Kata Aegyo (애교) digunakan untuk menjelaskan mereka yang berakting cute. Terkadang para perempuan lebih sering melakukan Aegyo, namun kini para pria rupanya juga gemar melakukannya. Kata ini juga bisa digunakan kepada mereka yang memang imut berdasarkan kepribadiannya.

Contoh: Yoseob harus menghentikan tingkah Aegyo-nya. Itu terlalu cute dan menggemaskan!


9. Bbung = Bercanda/Bohong

Kata Bbung (뻥) dipakai untuk menjelaskan sesuatu yang merupakan candaan atau sebuah kebohongan. Seringkali dipakai juga dalam kalimat ekspresi seperti 'Aku hanya bercanda', 'Apakah kau membohongiku?', atau 'Kau bohong', dan 'Hentikan, jangan berbohong'. Tapi uniknya Bbung/Bbung ti gi (뻥튀기) juga adalah nama snack yang dijual di Korea dan sangat terkenal di sana.

Contoh: Jangan percaya dia, apapun yang dia ucapkan adalah Bbung.

10. Yeochin = Pacar Perempuan

Kata Yeochin (여친) merupakan kependekan dari 여자친구 yang berarti pacar (perempuan). Kata ini seringkali digunakan dan sudah menjadi dominan dalam kehidupan anak-anak muda di Korea Selatan untuk menggambarkan seorang perempuan yang mereka cintai. klo pacar cowok Namchin : Namja Chingu

Contoh: Aku punya yeochin baru. Apakah kau mau bertemu dengannya?


source : soompi/kapanlagi
Posting Komentar