Minggu, 19 Mei 2013

Negara Asia yang Terkenal dengan Drama Serinya



Alow minnasan, ikaga desu ka? lama tak jumpa dengan postingan Big5PD, kalau biasanya kita ngomongin dramanya kali ini saya akan mengulas tentang negara pembuatnya. Terutama 5 negara asia yang menghasilkan seri drama bagus2, #terispirasi setelah nonton laron tapi lakorn sembako dari +Irfa Sagara . Karena selama ini saya hanya berkutat di dorama, drakor, drama Taiwan atau wuxia, belum lama ini baru ngeh ternyata negeri gajah (Thailand) juga menghasilkan drama yang bagus-bagus. Nah, berikut negara asia yang terkenal dengan drama seriesnya ^^
Jepang
 *searah jarum jam : Long Vacation, Strawberry on the Shortcake, Hanakimi Ikemen Paradise 2007Itazura na Kiss '96*
iki ga tomaru kurai no amai kuchizuke wo shiyou yo
hito koto mo iranai sa tobikiri no ima wo
yuuki wo kureta kimi ni tereteru baai ja nai kara
kotoba yori mo honki na
LA-LA-LA-LA-LA LOVE SONG
 by Toshinobu Kubota
Ada yang ingat syair lagu di atas? yup itu syair dari dorama Long Vacation om Kimutaku >U<, drama pertama membuat saya addict akan drama terutama dorama sebutan untuk drama asal Jepang. Dorama sempat booming di awal tahun 2000-an, beberapa stasiun swasta nasional sempat menayangkan beberapa dorama diantaranya, Long Vacation, Strawberry Shortcake, Itazura na Kiss '96, Love Generation Anchor Woman aka News no Onna dan belum lama ini Hanakimi 2007 ^^.

Walaupun saat ini jarang (hampir tidak ada) tv swasta nasional kita jarang menayangkan dorama, namun di luaran sana masih banyak pencinta dorama apalagi di jaman teknologi yang serba canggih ini kita tak susah mencari dorama seperti dulu buktinya siapa yang nggak galau INKLIT (Itazura na Kiss Love In Tokyo) tiap hari Jum'at hahaha . Saya suka dorama karena episode pendek dan durasinya yang tak terlalu panjang per episodenya jadi hemat waktu hehehe.

Cina
 *searah jarum jam : The Return of the Condor Heroes (Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali, Putri Huan Zhu, Kabut Cinta, Putri Giok*

Ada yang ingat bait lagu ini?

 siapa yang merubah hatiku
Siapa yang membuat kita satu
Selalu menyatu beban kecewa
Namun takkan ku kan berakhir
 siapa yang membuat ku pilu
Kembali datang masa lalu
Semakin dalam gejolak jiwa
Benci dan cintaku menyatu 


 atau ini 

Hau siang hau siang hau siang hau siang
Hau siang hau siang he ni cai yi chi
Tha pien wan suei chien san
Cou pien hai ciau thien ya
Rang mei yi ke je ce
Tou chuan lien chen wo men cuei mei li
Cuei mei li te huei yi


Yup, 2 bait lagu di atas dari drama Cina yang populer di tahun 90-an dan pernah ditayangkan Ind*si*ar. Siapa yang tak kenal Kembalinya Pendekar Rajawali, Putri Giok, Putri Huan Zhu, Kabut Cinta, dan masih banyak lagi, dulu drama Cina yang sering diputar stasiun televisi terutama yang saya sebutkan tadi, biasanya genre wuxia jenis drama genre kungfu dan dunia persilatan atau genre seting kerajaan masa dinasti Qing yang tayang.  Walau saat ini gaung akan drama asal negeri panda ini tak terdengar lagi namun belakangan serial dari salah satu negara Mainland ini bersinar lho terutama forum internasional siapa yang nggak galau menunggu Bu Bu Jing Qin sekuel dari Bu Bu Jing Xin yang diangkat dari novel karya Tong Hua?.

Kelebihan dari drama asal Panda ini kostum2 unik yang digunakan untuk drama genre wuxia dan action silatnya walau kadang2 efeknya membuat kita terbengong-bengong, selain itu walau episode panjang namun durasi tidak sampai 1 jam hehe.
Taiwan
  
*searah jarum jam : Meteor Garden, Romantic Princess, Summer Desire, Devil Beside You*


Siapa yang tak kenal F4 Tao Ming Tse dari Metero Garden? sebelum drakor muncul serial Mainland asal Taiwan sering wara-wiri juga di stasiun televisi terutama Ind*si*ar dan S*TV.  Sama dengan 3 asal negara  sebelumnya, serial Taiwan juga jarang (hampir tidak ada lagi atau saya yang jarang jarang lihat TV)namun bagi penggemarnya tak perlu berkecil hati, kita masih bisa menikmati serial ini via website/weblog yang menyediakan link downloadnya. 2-3 tahun yang lalu serial Taiwan kembali muncul permukaanberkat Summer Desire dan Down With LoveSerial Taiwan ini cukup digemarin selain ceritanya yang ringan dan kocak episodenya juga sedikit namun durasi lumayan panjang hahaha.

Korea

 *searah jarum jam : Winter Sonata, Jang Geum, Princess Hour, Full House*

Ada yang ingat lirik lagu ini?
kwaen han chil too il geo ra gonae ka we ro un ka cha shi neul sook yeo bwat ji mani je teo neun nan kam chul so ka eob neun deul yo
I think I love youkeu reon ka bwa yoCause I miss youkeu dae man eob seu myeon 
Lirik di atas dari lagu OST dramkor Full House, yup dramkor sebutan untuk drama dari negeri Ginseng yang mulai booming sejak tahun 2005 ke atas hingga sampai saat ini. Siapa yang tak kenal keempat drama di atas, sampai saat ini drama tersebut masih disukai para penggemar drama khususnya dramkor. Selain karena pemainnya cantik dan cakep2, dramkor juga menyuguhkan beragam genre cerita, walaupun episode cukup panjang namun bagi penggemar serial asia patut dikoleksi. Ditambah salah satu tv swasta kita sampai saat ini masih eksis menayangkan drama asal negeri ginseng ini, jadi para penggemarnya tak perlu khawatir apalagi banyak penyedia weblog yang menyebarkan link downloadnya hehe.

Selain dari segi cerita dramkor identik dengan pemain yang cantik dan cakep, soalnya sejauh ini belum nemu dramkor yang pemainnya jelek2 wkwkwk.

Thainland
*searah jarum jam : Sawang Biang365 Wun Haeng Rak, Oum Ruk, Sood Snaeha* ~Ken-Ann Lover haha
Jika kau mencintai seseorang karena dia sempurna, seiring berjalannya waktu kau akan menemukan beberapa ketidak sempurnaannya. Melihat sifat manjanya, melihat kebiasaan buruknya maka cintamu padanya akan luntur. Jika dia menjadi sempurna karena kau mencintainya, apapun yang terjadi dan bagaimanapun buruk sikapnya, bagimu dia akan selalu sempurna. Cinta seperti itu akan sulit dihentikan dan akan sulit dilupakan. Cinta itu tidak akan pernah luntur" ~Krucook to Alin ~Sood Sneha ^^
Lanjut negara Asia terakhir yang dramanya patut diikuti adalah negeri gajah yang tak lain Thailand, kalau selama ini kita hanya familiar dengan filmnya sebut saja  A Crazy Little A Thing Called LoveMy True Friend, dll bagi penyuka drama asia wajib mencoba lakorn sebutan untuk drama asal Thailand. Ceritanya nggak kalah menarik dengan dorama, dramkor ataupun serial Cina dan Taiwan lagipula episodenya hanya belasan seperti dorama namun durasi per episode cukup panjang. Walaupun ceritanya klise namun unik ditambah pemainnya juga nggak kalah kerennya dengan pemain drama negara asia lainnya terutama Khun Ken, Khun Aum, Pe'Ann dan Pe'Aff (subjektik) hahaha.

Anyway, sebenarnya lakorn sempat tayang di stasiun televisi kita lho sekitar tahun 1998-1999, mungkin ada yang pernah nonton serial Pesona Cinta, atau yang ada Raca dan Bia-nya? itu serial lakorn yang cukup populer namun saat itu saya masih di kampung halaman jadi nggak sempat nonton TV wkwkwk. Bahkan ada sinetron yang mengadaptasi dari serial lakorn yaitu Anakku Bukan Anakku.

Pokoknya bagi penggemar drama asia yang tak pilih2 seperti saya wajib mencicipi drama keluaran negeri gajah, pokoknya sankyu, arigato, xiexie, gomawo buat +Irfa Sagara  yang telah memperkenalkan lakorn pada saya, walaupun sempat cinlok berat dengan couple Khun Ken dan Pe'Ann namun tergantikan dengan couple Khun Aum dan Pe' Aff hohoho. Yang ingin download lakorn bisa di sini atau bisa via Youtube dengan keyword judul2 lakor yang ingin ditonton ^^.

Sampai jumpa dipostingan lainnya ^^ dan selamat berakhir pekan.
Ditulis sembari mendownload lakorn Brownies Bumbu Kain, hahaha (Khun Aum & Pe'Ann's Lakorn) huahahaha.

 
Written by Ari [G+ |Twitter]
Image by Google Images

Tidak ada komentar: