Minggu, 08 April 2012

MENGUMPULKAN BUKTI, MERENUNGKAN DAN MARI MENCARI KEADILAN DALAM GDA 2010 saran : E.L.F wajib baca ^^


MENGUMPULKAN BUKTI, MERENUNGKAN DAN MARI MENCARI KEADILAN DALAM GDA 2010 saran : E.L.F wajib baca ^^
------------------------------------------------------------------------------------
Pada saat saya mendengar kabar bahwa SUPER JUNIOR kalah dalam pemilihan GDA, saya langsung lemas. Otak saya menyalahkan diri saya sendiri, kalian tahu kenapa? Karena pada bulan Oktober kemarin seperti biasa, seorang ELF dari Hongkong mengetag saya sebuah note MENGENAI GDA dan mengamanati saya untuk menterjemahkannya ke bahasa Indonesia  agar saya bisa menyebarkannya kepada kalian para ELF Indonesia (mengingat saya pernah tiga kali berhasil menterjemahkannya dan salah satu note itu mendapat ribuan jempol dan ratusan komentar). Namun, karena selang beberapa saat setelah itu saya jatuh sakit dan memutuskan untuk tidak lagi menjadi KPOPER, saya pun mengabaikan amanat itu *maafkan saya, Michele Fung* .  Karena itulah saya menyalahkan diri saya sendiri, saya berfikir mungkin karena ulah saya lah banyak elf tidak tahu tentang GDA dan akhirnya tidak segera mendukung SJ .
Malam itu karena fb saya yang baru hanya berteman dengan Fujoshipper, saya tidak banyak menemukan INFO mengenai GDA tersebut. Hanya saja saya mendengar kalau SUPER JUNIOR kalah dan pemenangnya adalah SHINee. Itu yang saya tahu malam itu.
Namun kabar buruk saya dapat dari cicik saya, dia mengatakan kalau pemenangnya adalah SNSD .
SHOCK ! .
Yah, saya benar-benar SHOCK ! Otak saya berputar, memaksakan diri untuk bisa menerima hasil itu. Bukan masalah saya ANTI SNSD atau apa, bahkan NON-ELF pun kaget mendengar hal ini!.
Lalu sebagai seorang STANDER, saya pun berkunjung ke forum STAND Internasional, melihat apa yang sedang dibicarakan. Yah, mereka membicarakan ini pula ! . Tapi emosi saya sedang labil sehingga saya memutuskan off dan mencari bukti satu per satu seperti yang akan saya bawa di note ini.
Mari kita pikirkan , renungkan, dan logika dengan baik-baik, Cermati kumpulan bukti di bawah ini terlebih dahulu dan lalu mari kita simak yang lain  :
(bukti yang tertera di sini saya ambil dari yeppopo wordpress)

A. BUKTI
Fans Super Junior di Korea mengekspresikan ketidakpuasan mereka terhadap hasil Golden Disk Awards. Sebuah postingan baru yang dibuat oleh fans membawa dugaan terhadap acara penghargaan. Pemilihan pemenang dipertanyakan fans dan mereka menunjukkan alasan kenapa menurut mereka ada evaluasi yang tidak adil.
Mereka mengatakan standar penilaian untuk pemenang. Golden Disk memilih 10 artis untuk penghargaan utama, 5 untuk Disk Awards dan 5 untuk Digital Awards. Pemilihan berdasarkan jumlah penjualan dari disk dan sumber digital. 60% kriteria merefleksikan volume penjualan, 20% dari voting internet, dan sisanya 20% dan evaluasi juri. Volume penjualan disk didasarkan atas perusahaan distribusi lokal dan pasar grosir dan eceran. Volume penjualan digital ditentukan dari jumlah download dari situs online tertentu. Oleh karena itu, secara logika artis akan menang jika memiliki penjualan tertinggi dari disk ataupun sumber digital. Adapun untuk Popularity Award, meski standarnya tidak dijelaskan secara spesifik, cukup safe kalau mengasumsikan itu merefleksikan voting populer sebagaimana telah ditentukan fans.

1. Digital Award
Kasus pertama yang fans Super Junior permasalahkan adalah lagu Yesung “It Has to be You” untuk Digital Award.
Peringkat di situs Golden Disk Awards 8 Desember 2010 (lihat photo prinscreen di bawah ini) :


Music bank (lihat gambar ini) :
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Peringkat mobile ringtone 30 November 2009 sampai 30 November 2010(lihat photo prinscreen di bawah ini) :
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Peringkat nada sambung 30 November 2009 hingga 21 November 2010(lihat photo prinscreen di bawah ini) :
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Pemenang penghargaan itu adalah Lee Seung Gi dengan lagunya “Love Taught Me To Drink”. Fans menunjukkan kalau Yesung punya banyak suara di situs Golden Disk Awards, 44.4% voting dibandingkan Lee Seung Gi yang mendapat 43.9%. Mereka juga memperlihatkan peringkat seperti di Music Bank dan mobile ringtone, memperlihatkan kalau Yesung menang lebih tinggi dari Lee Seung Gi. Oleh karena itu, Yesung harusnya menang Digital Award, bukannya Lee Seung Gi.
2. Ceci Popular Award
Masalah berikutnya adalah kategori pada Ceci Popular Award. Pemenangnya adalah Girls’ Generation dan SHINee. Fans menunjukkan pemenang tahun lalu, yaitu Super Junior dan SHINee, dan di mana saat itu kedua boyband ini menduduki posisi puncak pada situs GDA tahun 2009.
Peringkat tahun lalu (lihat photo prinscreen di bawah ini):
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Peringkat tahun ini (lihat photo prinscreen di bawah ini):
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Namun meski Super Junior dan SHINee lagi-lagi ada di voting teratas tahun ini, Super Junior tidak terpilih sebagai pemenang. Peringkat di situs GDA memperlihatkan SHINee mendapat 36.5%, Super Junior 31.4% dan Girls’ Generation 15.4%. Terlebih lagi Super Junior telah memenangkan MSN Asia Popular Award di Golden Disk Awards. Ujung-ujungnya, voting untuk Popular Award juga menghabiskan banyak uang, jadi fans juga menyatakan mungkin ada gugatan nantinya.
3. Disk Award
Masalah ketiga sehubungan dengan Disk Award. Pemenang tahun ini adalah Girls’ Generation. Seperti yang dikatakan sebelumnya, award ini terdiri dari 60% volume penjualan, 20% voting, dan 20% penilaian juri. Dari situs Golden Disk Awards, Super Junior memiliki voting 34.5% dan Girls’ Generation memiliki 22.9% voting.
(lihat photo prinscreen di bawah ini) :

Volume penjualan, menurut Hanteo Chart, album ‘Bonamana’ versi A terjual 131,946 copy selama 1 Januari sampai 8 Desember sementara album Girls’ Generation ‘Oh!’ kira-kira terjual sekitar 8,000 copy. Album repackaged mereka juga dihitung untuk penghargaan ini, dengan album repackaged Super Junior terjual sekitar 45,412 copy dan album repackaged Girls’ Generation’s terjual 56,543. Maka, berkaitan dengan penilaian juri, juri memilih Girls’ Generation sebagai pemenang bersadarkan tiga level penilaian, menyatakan kalau mereka menjadi icon K-pop dan usaha mereka meningkatkan status negara lewat kesuksesan mereka di Jepang. Fans Super Junior berargumentasi kalau popularitas dan pengaruh Super Junior di luar negeri melampaui Girls’ Generation di tahun 2010.
Kemudian fans mengutip dari situs Golden Disk Awards, ada pernyataan kalau Digital Award adalah penghargaan yang memperlihatkan artis mana yang paling disukai setahun ini dan mendapat pertumbuhan tinggi di pasar digital. Di situ juga dikatakan kalau mereka memilih pemenang dengan evaluasi yang fairberdasarkan data yang disediakan perusahaan yang sudah dipercaya masyarakat. Fans menyatakan, karena bukti yang telah mereka tampilkan dalam 3 hal di atas, Golden Disk Awards sebaiknya mengelavuasi ulang pemenang dengan adil dan mereka harusnya dipertimbangkan dalam voting Ceci Pupolar Award. Mereka mengatakan jika tak ada tindakan oleh Golden Disk Awards berdasarkan bukti yang mereka tunjukkan, mereka mengambil tindakan hukum terhadap acara penghargaan tersebut.
Dengan semua bukti yang sudah ditunjukkan, siapa menurut kalian yang salah? Apakah Golden Disk Awards harus mengevaluasi lagi pemilihan pemenang ataukah fans Super Junior yang berlebihan?
source: sj-market, pann.nate, koreaboo translated by Alois あずゆ@ hallyucafe take out with full credit
via: elflovesuju

B. BUKTI PENDUKUNG DAN RENUNGAN LAIN
Belum puas dengan bukti bahwa seharusnya tempat itu di tempati Super Junior? Simak bUKTI YANG LAIN.
Lihat gambar ini :
mian gambar gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Lalu kita ingat ,Saat  detik pembacaan pemenang, Linghting sorotan itu udah diarahin ke Super Junior! Lighting bisa ngarahin Suju itu sangat besar kemungkinan  dikarenakan memang sudah ada suruhan dari pihak yg sudah tahu menahu akan si pemenang, bukankah begitu ?
Masih belum cukup? Sekarang kita ke Video :
mian video gak bisa d'tampilin karena di catetan T.T

Ada yang janggal dengan detik kurang dari 0:03 ? Yup ! Leeteuk oppa hampir bertepuk tangan. Kenapa tidak jadi? Kalau saya (bukan hanya saya sebenarnya tapi juga banyak orang) berfikir kalau dia  telah salah untuk tepuk tangan, dengan kata lain maksudnya ialah LEETEUK baru saja mengetahui kalau calon pemenang itu ialah SNSD dan dia buru2 mengurungkan niat untuk tepuk tangan agar seakan itu kejutan . Ck? Mungkinkah kehadiran seorang ahjussi sebelum itu dikarenakan si ahjussi telah memberi tahu Leeteuk? Hanya Tuhan, Leeteuk dan pihak sana yang tahu. Karena hal ini bila dihubungkan bisa jadi sangat berhubungan =,= .
Sekarang lihat fancam di bawah ini, LEE TEUK MENANGIS .

Logika kalian cobalah untuk mencerna, menangis itu karena 2 hal , ya kan? Satu, menangis karena haru dan bahagia. Dan yang kedua ialah menangis karena sedih.
Otak kalian berfikir yang mana?
Mungkinkah bahagia? Coba kalian bayangkan kalian berada dalam sebuah perlombaan. Misalnya kalian kalah, kalian menangis karena haru/kecewa/sedih atauikah menangis karena gembira/senang/bahagia?
Saya tak perlu menjawab, jawaban saya serahkan pada kalian masing-masing.
Kemudia kita kembali ke masalah Yesung, kalian sudah mendengar percakapan ini belum (silahkan Click) :
http://yeppopo.wordpress.com/2010/12/11/after-gda-suju-ada-ada-jawaban-yesung-ambruk-t___t/

C. TAMBAHAN
Saya tidak akan mempermasalahkan begitu besar jikalau perbedaan antara SNSD dan SUJU tidak begitu kontras. Saya juga tidak tahu bagaimana agar ketidakadilan ini bisa diperbaiki, tapi satu hal yang saya tahu dan yah…satu hal , PEMENANG SESUNGGUHNYA BAGI SAYA TETAPLAH SUPER JUNIOR , BUKAN SNSD !
Dan bagi kalian yang merasa menyandang nama SONELF, saya cuma mau mengabarkan kalau beberapa teman anda membuat pernyataan kurang lebih begini :
“Kasihan SNSD dibash”
CK, coba berfikir lebih keras lagi ! Siapa yang kasihan? Super Junior yang memang pantas menang atau SNSD yang pantas untuk kalah, yang pantas untuk dipertanyakan hah?
Jawab saya !
Kalau kalian itu BENAR-BENAR ELF, entah juga SONE atau bukan, seharusnya kalian juga janggal dengan kabar ini bukan malah membela SNSD.
Kalian ELF bukan sih? Kenapa gak bilang “KASIHAN SUJU KALAH” ? Kenapa kalian mengasihi yang saat itu berposisi sebagai objek yang tidak perlu dikasihani dan malah perlu dipertanyakan? Kenapa ?
Saya rasa anda bukan ELF, bukan SONELF, tapi anda hanya SONE !
Dan saya yakin sekali saat diantara kalian ada yang tersinggung dengan ini, saya minta maaf.Dan saya yakin akan ada pertanyaan “kenapa kamu nyalahin SNSD?Kenapa enggak pihak SM nya?SNSD kan gak salah?”
Oke saya jawab !
Sekarang berbalik, kamu sebagai seorang murid yang cerdas diberi tugas untuk menggambar di rumah. Ternyata kamu kepergok guru kamu kalau gambaran kamu itu bukan hasil murni karya kamu.
Nah, siapa yang tidak dapat nilai? siapa yang kena hukuman? Kamu ataukah orang yang membantu kamu di rumah?
Ckckckck. Jelas pasti itu kamu, bukan ayah kamu atau orang yang membantu kamu di rumah =,=.
Sudah capek saya nulis ini.
Share jika kalian mau dan tentunya dengan full credit . Thanks 
Sekian dan terimakasih, maaf bila ada salah kata.

hmm, d'note ni gak lengkap yahh ~ buat liat gambar+video k'sni aja ..!!
superjrshinee.wordpress.com/2011/10/19/repost-with-credit-mengumpulkan-bukti-merenungkan-dan-mari-mencari-keadilan-dalam-gda-2010/#more-846
^^ gamsa~

Tidak ada komentar: